Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah

Cara mengatasi malah bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah merupakan kondisi yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Selain terlihat kering, bibir pecah-pecah juga rentan menimbulkan luka dan bisa membuat bibir berdarah. Rasa perih pada bibir pecah-pecah memang sangat mengganggu. Untuk meredakannya, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu

Kebanyakan orang biasanya mengalami bibir pecah-pecah tanpa mencari solusinya. Maka diperlukan cara yang efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah, agar kondisi ini tidak sering terjadi.

Kulit di bibir berbeda dari bagian wajah lainnya. Meski struktur dasarnya mirip, kulit di bibir jauh lebih tipis dan halus. Kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga tidak dapat menghasilkan kelembapan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai faktor eksternal dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Mengontrol faktor-faktor ini dapat membantu mengobati dan mencegah pecah-pecah atau pecah menjadi lebih buruk. Berikut ini beberapa cara mengatasi pecah-pecah.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah?

 

1. Minum lebih banyak air

Salah satu cara termudah untuk mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh. Saat tubuh tidak dehidrasi, kemungkinan bibir pecah-pecah akan lebih kecil. Karena itu, Anda harus minum lebih banyak air dalam sehari maksimal 8 gelas. Mengutip dari Kemenkes.go.id, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Namun, untuk orang dewasa, disarankan untuk mengonsumsi air putih sekitar delapan gelas per hari atau total 2 liter. Dengan menjaga cairan tubuh, Anda telah mempraktekkan cara termudah untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

2. Pakai Pelindung Bibir

Paparan sinar ultraviolet matahari dalam waktu lama bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Resiko ini bisa terjadi ketika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya lindungi bibir dengan menggunakan pelembab.

Misalnya menggunakan bibir kanan. Menggunakan pelindung bibir seperti menggunakan lip balm merupakan salah satu cara mengatasi bibir pecah-pecah yang mudah dilakukan. Ada banyak produk bibir di pasaran yang mengandung mentol atau rasa mint lainnya.

Pelembab ini bisa memberikan sensasi dingin, tapi mint menakutkan dan bisa menyengat bibir pecah-pecah. Seperti, carilah solusi bibir yang mengandung bahan-bahan yang nyaman dan melembapkan bibir Anda.

3. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Banyak orang yang melihat bibir dengan menjilat bisa meredakan bibir pecah-pecah. Sayangnya ini adalah hal yang salah. Mengutip Alodokter, menjilat bibir akan membahayakan kondisi bibir. Bibir akan terasa gatal karena air liur lebih cepat menguap di bibir anda. Dari penjelasan di atas, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut.

Selain itu, mengingat kulit di bibir tipis dan halus, sebaiknya jangan mengupas kulit bersisik saat bibir Anda pecah-pecah. Hal ini karena hal itu dapat menyebabkannya berdarah dan sakit, memperlambat proses penyembuhan, dan menyebabkan lebih banyak iritasi.

4. Coba Gunakan Obat Bibir Alami.

Cara mengatasi bibir pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan obat alami. Beberapa tanaman di sekitar Anda dapat digunakan untuk meredakan bibir pecah-pecah. Misalnya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya. Bahan alami dikenal memiliki berbagai khasiat yang baik karena mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti inflamasi yang menyehatkan dan merehidrasi kulit yang rusak.

Cara mengatasi retakan ini cukup efektif dan digunakan dengan baik. Madu mengandung sifat antioksidan dan antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang pada bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

5. Kebiasaan SSH

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Perlu Anda ketahui, asap rokok diketahui dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, kemudian menyebabkannya mengering. Paling buruk, bibir Anda bisa lebih mudah pecah-pecah. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan sakit gusi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini. Itulah penjelasan penyebab dan cara paling ampuh mengatasi bibir pecah-pecah. Memiliki bibir pecah-pecah adalah sesuatu yang terkadang tidak nyaman bagi Anda. Untuk menghindari keretakan Anda harus menjaga asupan cairan tubuh. Juga, berhati-hatilah saat membeli produk untuk bibir.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah yang mudah untuk anda ikuti.