Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah

Orang yang memiliki kulit wajah tentunya sering mengalami masalah bintik-bintik hitam di wajah. Bintik-bintik atau bintik-bintik hitam ini tidak muncul karena bekas jerawat yang mengering kemudian menimbulkan bekas kehitaman setelahnya. Kondisi ini wajar terjadi karena proses hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit.

Bukan hanya penyebab jerawat, bintik-bintik hitam di wajah juga sering muncul akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Dalam hal ini, sinar UVA dan UVB yang dipancarkan matahari akan merusak kulit wajah Anda. Sehingga paparan sinar matahari dibiarkan begitu saja pada kulit yang terpapar seperti wajah, tentu dapat menimbulkan berbagai masalah termasuk munculnya bintik-bintik hitam.

Munculnya bintik-bintik hitam di wajah memang cukup mengganggu. Tak heran banyak orang sering tidak percaya diri dan mencarinya dengan menggunakan make up. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah yang bisa memberikan hasil yang efektif.

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah sangatlah mudah. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang berkhasiat untuk memudarkan bintik-bintik hitam di wajah. Walaupun tidak akan memberikan hasil yang instan, namun jika dilakukan secara rutin maka akan terlihat hasil yang nyata.

Apa Saja Bahan Alami yang Cocok Untuk Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah?

1. Papaya

Cara pertama untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah adalah dengan menggunakan pepaya. Dalam hal ini, pepaya mengandung alpha-hydroxy yang dapat berfungsi sebagai chemical peeler. Alpha-hydroxy (AHA) dapat memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan permukaan kulit. Proses ini dilakukan dengan meningkatkan lipid kemudian mengangkat sel kulit mati dan kusam di wajah.

Tak hanya itu, berbagai kandungan yang terkandung dalam pepaya juga bisa mencerahkan kulit dan membuatnya awet muda. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menghaluskan buah pepaya yang sudah matang kemudian mengoleskannya secara merata pada wajah sebagai masker.

2. Kunyit

Cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit diketahui mengandung bahan alami yang dapat memicu produksi melanin kulit yang menyebabkan hiperpigmentasi dan menyebabkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Anda juga bisa menggunakan kunyit untuk masker wajah. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan madu lalu oleskan secara merata pada wajah. Untuk meningkatkan proses pencerahan, Anda dapat menambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalamnya.

3. Minyak almond

Cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah juga bisa dengan minyak almond. Perlu diketahui, minyak almond mengandung vitamin E dan niacin yang dapat membantu membantu proses hiperpigmentasi dan meningkatkan kecerahan warna kulit.

Selain itu, minyak almond juga bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Anda bisa menggunakan minyak almond sebagai penghapus riasan, atau pelembab untuk melindungi dan menjaganya tetap sehat.

4. yogurt

Yogurt juga merupakan bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Di sana, yogurt mengandung asam laktat yang dapat bekerja sebagai exfoliant kimia.

Asam laktat adalah AHA, yang berguna untuk memperbaiki perubahan warna dan bintik-bintik penuaan. Selain itu, yoghurt juga dapat mencerahkan, memperbaiki tekstur dan mengurangi kesejukan.

5. tomat

Cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Perlu diketahui, tomat mengandung likopen yang dapat memperbaiki kulit dari efek paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, kandungan ini juga terbukti memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengoleskan tomat langsung ke wajah. Atau Anda juga bisa membuat masker wajah dengan tomat dan bahan campuran lainnya seperti madu.

6. Lidah buaya

Cara menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah yang tidak efektif adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya diketahui mengandung bahan alami yang dapat memperlambat proses hiperpigmentasi dan kerusakan jaringan parut pada kulit. Hal ini tentunya dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah dan mempercepat regenerasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, lidah buaya bisa dikonsumsi langsung atau dioleskan ke permukaan kulit sebagai pelembab. Lidah buaya ini dapat memberikan kelembapan alami pada kulit dan dapat mengurangi efek jerawat dan paparan sinar matahari.