7 Kandungan Kosmetik Berbahaya Untuk Kulitmu

kandungan kosmetik berbahaya

Kosmetik atau skincare merupakan produk kecantikan yang setiap hari pasti digunakan oleh banyak orang, baik itu perempuan mapun laki-laki, remaja maupun orang dewasa. Kosmetik digunakan untuk menunjang penampilan seseorang  agar terlihat lebih segar dan tentunya lebih cantik atau lebih tampan.

 

 

Penggunaannya yang sering dan dalam jangka waktu panjang akan mempengaruhi kondisi kulit wajah penggunanya. Ketika kosmetik mengandung bahan-bahan yang aman, maka kulit wajah akan tampak terawat. Namun, bagaimana jika ternyata bahan-bahan yang dikandung kosmetik tersebut merupakan bahan-bahan kimia berbahaya? Tentunya kulit wajah akan mengalami peradangan bahkan infeksi.

 

 

Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan penggunannya. Hal ini tentunya tidak akan terjadi kepada Anda jika Anda memilih kosmetik dengan benar yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli kosmetik sebaiknya Anda benar-benar mencari tahu kandungan kimia yang ada pada kosmetik tersebut.

 

Sebenarnya bahan kosmetik apa saja yang berbahaya?

 

 

Berikut ini informasi tetang bahan-bahan berbahaya pada kosmetik. Simak informasi ini sampai selesai ya!

 

 

1.   Merkuri

Merkuri merupakan bahan berbahaya dalam skincare. Biasanya merkuri digunakan sebagai campuran pada blush on, bedak, eye shadow, krim pemutih wajah, dan lain sebagainya.

 

 

Jika merkuri sering terserap ke dalam tubuh, maka tubuh bisa mengalami kerusakan orak dan saraf. Selain itu, bahan kimia berbaha yang satu ini juga bisa menyebabkan gangguan fungsi paru-paru, penurunan daya tahan tubuh, penyakit sistem pencernaan, dan penyakit lainnya.

 

 

Merkuri memang sangat berbahaya untuk tubuh manusia. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih kosmetik ya. Jangan sampai kosmetik yang Anda gunakan ternyata mengandung merkuri.

 

 

2.   Formalin

Formalin dikenal sebagai bahan pengawet yang digunakan untuk mengawetkan jenazah. Namun, tenyata ada produsen kosmetik illegal yang menggunakan formalin sebagai bahan campuran kosmetik yang mereka produksi.

 

 

Padahal kandungan formalin dalam kosmetik sangat bebahaya bagi kesehatan manusia. Kosmetik dengan kandungan formalin yang digunakan terus menerus akan menyebabkan iritasi kulit, mual, muntah, iritasi kulit, gangguan pernapasan, hingga kanker kulit.

 

 

3. Timbal

Timbal merupakan logam berbahaya bagi tubuh manusia karena mengandung racun. Anda perlu waspada karena beberapa lipstick ternyata mengandung timbal. Penggunaan kosmetik yang mengandung timbal akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

 

 

Masalah kesehatan tersebut misalnya kerusakan ginjal dan keracunan. Jika wanita hamil mengunakan kosmetik yang mengandung timbal, maka ia bisa mengalami kelahiran premature atau bahkan keguguran.

 

 

4. Sodium Lauryl Sulfate dan Sodium Laureth Sulfate

Kedua bahan kimia ini biasanya digunakan sebagi campuran berbagai produk kosmetik. Padahal kedua bahan ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, kosmetik yang memiliki kandungan kedua bahan ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada penggunanya.

 

 

5. Paraben

Paraben merupakan bahan pengawet yang bisa digunakan dalam campuran bahan pembuat kosmetik. Bahan kimia yang satu ini sangat berbahaya karena bisa berperan sebagai pengganggu endokrin. Ya, bahan kimia ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormone, sehingga dapat menyebabkan kanker payudara. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa 99% tumor atau kanker payudara mengandung paraben. Sangat berbahaya, bukan?

 

 

6. Retinol

Retinol merupakan bahan campuran kosmetik yang bisa membantu membuat kulit wajah lebih halus dan mencegah kerutan serta jerawat pada wajah. Namun, ternyata retinol bisa berbahaya bagi kulit. Hal ini karena retinol memiliki efek karsinogenik atau bisa memicu kanker ketika terkena dinar matahari.

 

 

7. Hydroquinone

Perusahaan illegal pembuat kosmetik untuk pencerah atau pemutih kulit biasanya menggunakan hydroquinone sebagai bahan pemutihnya. Bahan kimia yang satu ini sangat berbahaya  karena bisa membuat kulit lemah dan tidak sehat. Bahan kimia ini bisa menyebabkan keracunan pada saluran pernapasan, bahkan menyebabkan kanker.

 

Baca Juga: Produk Kecantikan Yang Aman 

 

 

Itulah bahan berbahaya pada kosmetik. Banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. Jika setelah menggunakan produk kosmetik tertentu Anda mengalami alergi, seperti ruam, gatal, dan kemerahan pada kulit bisa jadi kosmetik tersebut mengandung bahan yang berbahaya. Sebaiknya hentikan pemakaiannya dang anti dengan kosmetik yang lebih aman serta tidak menimbulkan alergi pada kulit.

 

 

Anda harus lebih waspada dan behati-hati. Pastikan kosmetik Anda tidak mengandung bahan-bahan berbahaya di atas ya!

Jika Anda seorang reseller produk kecantikan seperti kosmetik, Anda juga harus memastikan semua produk kosmetik yang Anda jual terbebas dari bahan-bahan berbahaya tersebut. Pastikan juga semua produk yang kecantikan yang Anda jual telah terdaftar dan mendapat izin edar resmi dari BPOM (Bahan Pengawas Obat dan Makanan).

 

 

Ya, dengan menjual produk kecantikan yang berkualitas dan aman, sebagai reseller Anda akan mendapat kepercayaan dari konsumen. Setelah itu, penjualan Anda pun akan semakin meningkat dan menguntungkan. Tetap semangat menjadi reseller ya!