Cara Bergabung Jadi Reseller Kosmetik ber-BPOM

Ide bisnis jadi reseller sukses

Ide Bisnis Menjadi Reseller Yang Sukses – Dunia bisnis berkembang pesat setiap hari. Ada sistem atau teknik baru untuk melakukan bisnis di luar sana yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya adalah teknik reselling atau reseller yang saat ini banyak dilakukan oleh para pebisnis dari setiap generasi.

 

Reseller menjadi pilihan banyak orang untuk berbisnis, karena dianggap mudah dan fleksibel dalam waktu, bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Tertarik menjalani teknik bisnis ini? Yuk simak panduan lengkapnya mengenai Ide Bisnis Menjadi Reseller di bawah ini.

 

Apa Itu Reseller?

Sebelum mengetahui cara menjadi reseller, Anda harus tahu dulu apa itu reseller sebenarnya. Perlu diketahui bahwa dengan menjadi reseller berarti Anda akan menjual produk dari orang lain. Nah, biasanya reseller tidak memproduksi produk sendiri atau berhubungan langsung dengan pabriknya. Sebaliknya, reseller akan memiliki hubungan kerjasama dengan pemilik merek.

 

Namun, harga yang diberikan kepada Anda sebagai reseller biasanya adalah harga jual, sehingga Anda dapat menaikkan harga saat dijual ke pelanggan Anda, dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut.

 

Cara Menjadi Reseller Dan Cara Kerjanya

Sebagai reseller, Anda akan menjual kembali beberapa produk yang memiliki brand terbaik. Cara ini memang mudah karena Anda tidak perlu pusing memikirkan hasil produk. Tapi, kamu juga harus ekstra hati-hati, karena kalau salah hitung, bisa-bisa malah merugi, lho. Jadi bagaimana cara kerja reseller yang tepat? Selanjutnya sebagai reseller, mayoritas supplier akan mewajibkan Anda untuk membeli sejumlah produk (bukan hanya satu), minimal 1 lusin atau 12 produk.

 

Kemudian, Anda dapat menjual produk secara online atau pun offline. Sebagai reseller, Anda harus lebih bijak dalam menyetok produk. Jika Anda merasa produk akan habis, mulailah untuk memesan lagi agar stok tidak habis.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Reseller

Seperti teknik bisnis lainnya, ketika Anda ingin menjadi reseller seharusnya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Nah, dengan mengetahui masing-masingnya, diharapkan Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam menjalankan bisnis. Berikut ulasannya!

 

Kelebihan Menjadi Reseller

Berikut adalah keuntungan dari reseller.

 

Dapat Memulai Bisnis Lebih Cepat

Tidak butuh waktu lama untuk memulai bisnis jika Anda menjadi reseller. Anda dapat mulai menjual, pada hari yang sama Anda memulai bisnis. Anda hanya perlu mempromosikan produk di media sosial.

 

Dapat Menjual Beragam Produk

Anda bisa menjual berbagai produk lain, asalkan bisa mengambil keuntungan dalam berbisnis. Misalnya Anda menjual makanan sehat, maka Anda bisa memasarkan berbagai produk yang berasal dari berbagai reseller. Semakin banyak jenis produk yang Anda jual, maka akan semakin besar juga peluang untuk mendapatkan keuntungan.

 

Memiliki Lebih Banyak Waktu Luang

Anda bisa memiliki waktu yang fleksibel dalam menjalankan bisnis ini, bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Menjadi reseller biasanya dilakukan secara online.

 

Fleksibilitas Dalam Mengatur Margin Anda Sendiri

Kebebasan untuk mengatur margin ada di tangan Anda. Anda akan mendapatkan harga yang relative murah ketika menjadi reseller. Nah, nantinya Anda bisa menetapkan harga jual yang lebih tinggi kepada pembeli.

 

Urusan Stok Gratis

Selain itu dengan menjadi reseller anda juga dibebaskan dalam urusan stok barang. Anda bisa bebas memilih stok barang yang akan dijual atau tidak. Jika pasar benar-benar ramai, Anda bisa melakukan strategi pemasaran yang tepat.

 

Kekurangan Menjadi Reseller

Tidak Dapat Menentukan Produk Yang Ingin Anda Jual

Kini Anda hanya bisa membeli produk dari pemasok, itupun Anda tidak diperbolehkan untuk memproduksinya sendiri.

 

Tidak Dapat Memodifikasi atau Menginovasi Produk

Produk yang Anda jual harus memiliki nilai jual tinggi. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan kualitas barang yang akan Anda jual. Yang bisa Anda lakukan adalah melakukan inovasi pemasaran.

 

Jumlah Pesaing Serupa

Menjadi reseller lebih mudah daripada memulai bisnis dari 0. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti bisnis ini. Nah, untuk itu Anda mungkin bisa memilih menjadi reseller untuk produk yang lebih niche, atau memang tidak banyak yang laris namun tetap memiliki potensi pasar yang besar.

 

Ide Bisnis Menjadi Reseller Yang Sukses

Nah, tertarik untuk menjadi reseller? Sekarang kami akan memberi tahu Anda tentang apa ide bisnis potensial untuk reseller.

 

1. Paket Pulsa Dan Data

Di era teknologi ini tentunya pulsa dan paket data menjadi hal yang penting. Nah, Anda bisa menjadi reseller yang menjual barang-barang ini. Peluangnya besar lho, dan Anda juga bisa melakukan ini sebagai bisnis rumahan.

 

2. Suplemen Makanan

Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen makanan. Jadi, suplemen diet cukup populer di pasaran dan bisa menjadi pilihan untuk Anda jual kembali sebagai reseller. Namun perlu Anda perhatikan bahwa produk yang Anda jual haruslah produk yang aman dan telah terdaftar secara legal atau BPOM.

 

3. Obat Herbal

Saat ini, alih-alih obat yang dijual di pasaran, banyak orang beralih ke cara alami atau herbal. Nah, fenomena ini bisa Anda manfaatkan untuk berjualan obat herbal. Selain potensinya yang besar, kompetitornya juga tidak terlalu banyak lho. Namun sekali lagi, pastikan produk yang Anda jual legal dan memiliki BPOM. Jangan pernah menjual produk yang asal dan tidak jelas asalnya.

 

4. Reseller Makanan Sehat

Memang, reseller makanan sekarang sudah merajalela di mana-mana. Tapi kalau reseller makanan sehat, pesaingnya masih sedikit. Selain itu, pasarnya juga potensial, apalagi sekarang ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan.

 

5. Skincare Dan Kosmetik

Setiap orang, terutama wanita, tentu ingin selalu tampil menarik. Nah, oleh karena itu skincare dan kosmetik memiliki pasar yang kuat dan anda sebagai reseller tentunya bisa memanfaatkan hal ini. Apalagi sekarang dengan maraknya skincare atau makeup Korea, kamu bisa banget memanfaatkan kesempatan ini.

 

6. Reseller Baju, Sepatu Dan Tas

Kembali lagi, meski penampilan bukan segalanya tapi penting. Alasannya karena penampilan bisa menjadi penutup bagi seseorang. Meskipun kita tidak bisa menilai orang dari luar, tidak ada salahnya untuk berpenampilan menarik bagi diri sendiri.

Nah, hal ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat, maka dari itu maraknya reseller baju, sepatu, tas dan produk fashion lainnya. Meskipun banyak pesaing, Anda dapat bersaing dengan melakukan pemasaran online dan kegiatan promosi yang unik.

 

7. Aksesoris Handphone

Ide bisnis reseller yang terakhir adalah aksesoris handphone. Meski terdengar sepele, namun banyak orang yang menyukai detail aksesoris seperti ini. Tidak ada salahnya menjual barang ini. Anda dapat menggunakan media sosial atau e-commerce. Menjadi reseller sangat disarankan bagi pemula yang baru memulai bisnis. Nantinya, jika Anda sudah sukses dan lebih mengetahui celah-celah dalam bisnis Anda, bukan tidak mungkin Anda akan memiliki produk sendiri.

 

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Ide Bisnis Menjadi Reseller yang sukses, semoga bermanfaat.