Media Sosial Untuk Reseller Kosmetik

media sosial untuk reseller kosmetik

Di zaman modern ini ada banyak sekali jenis media sosial yang berguna untuk menyampaikan beberapa hal maupun untuk berkomunikasi. Kabar baiknya, ada beberapa media sosial untuk reseller yang bisa membantu menarik pelanggan dan menghasilkan cuan.

 

Kira-kira apa saja media sosial? Jika ingin tahu, mari simak informasi di bawah ini hingga akhir ya!

 

Media Sosial untuk Reseller Paling Populer

Media sosial adalah media atau platform online yang berguna untuk memudahkan penggunanya dalam berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan sesuatu. Jadi, ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan di media sosial.

 

Salah satu hal lain yang banyak dilakukan orang dan memudahkan banyak orang pula adalah berjualan di media sosial. Ada banyak sekali jenis media sosial, tetapi tidak semuanya bisa dimanfaatkan sebagai tempat berjualan.

 

Berikut ini adalah beberapa media sosial untuk berjualan yang harus Anda ketahui, antara lain:

 

1. Facebook

Facebook adalah salah satu jenis media sosial yang paling populer di seluruh dunia termasuk Indonesia sekalipun. Berdasarkan pada data dari Internetworldstats, di Indonesia sendiri setidaknya ada sekitar 175,3 juta pengguna Facebook aktif.

 

Jadi, bukanlah ide yang buruk jika memilih Facebook sebagai media sosial untuk promosi. Kabar baiknya, Facebook sendiri sudah menyadari hal tersebut sehingga menyediakan beberapa fitur khusus untuk pebisnis yaitu Facebook for Business dan Facebook Ads.

 

Fitur Facebook for Business berguna untuk mengelola akun bisnis dan memungkinkan untuk memposting konten promosi, update produk terbaru, dan testimoni pelanggan.

 

Sedangkan Facebook Ads berguna untuk mempromosikan halaman ke target pasar yang jumlahnya jauh lebih besar dan luas dibandingkan halaman yang tidak menggunakan fitur ini.

 

2. Instagram

Media sosial reseller yang pertama adalah instagram. Jenis media sosial yang satu ini mempunyai banyak pengguna bahkan dari 274,9 juta jiwa, setidaknya ada sekitar 91,01 juta jiwa yang menjadi penggunanya. Tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak dan remaja, baik itu wanita atau pria.

 

Jumlah pengguna yang sangat banyak tersebut bisa memberikan peluang bagi para reseller atau penjual online. Bahkan, ada sekitar 45% pengguna Instagram pernah membeli produk yang sudah tampil atau dijual di Instagram.

 

Media sosial ini mempunyai 2 fitur yang khusus dirancang untuk berjualan yaitu Instagram for Busines dan Instagram Ads. Cara kerja fitur ini sama seperti fitur yang ada di Facebook.

 

Namun, bukan berarti selain fitur tersebut tidak bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Beberapa fiturnya, yaitu:

 

  • Insta story, yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk dalam bentuk video singkat.
  • IG TV, untuk memposting video tutorial, testimoni, iklan, atau video lain dengan durasi panjang.
  • Feed Instagram, yang bisa digunakan untuk memposting foto.

 

3. WhatsApp

Selain untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, Anda juga bisa memanfaatkan WhatsApp sebagai media sosial atau sosial media untuk promosi. Hal ini dikarenakan WhatsApp masuk ke dalam jajaran media sosial dengan banyak pengguna khususnya di Indonesia.

 

Bahkan penggunanya tidak hanya orang dewasa sendiri, tetapi anak-anak dan remaja sekalipun. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp, seperti voice call, video call, chat, hingga membuat status atau story di WA Story.

 

Dewasa ini, sudah ada banyak orang yang memanfaatkan WhatsApp ini untuk berbisnis atau berjualan. Bahkan WhatsApp juga sudah meluncurkan platform khusus yaitu WhatsApp bisnis. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan, yaitu:

 

  • Balas pesan otomatis, fitur ini bisa membantu Anda untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis walaupun dalam keadaan off. Pesan yang bisa dikirimkan pun bisa Anda buat sendiri, seperti sapaan atau pesan lainnya.
  • Tampilan profil bisnis, fitur ini akan menjadikan profil akun WhatsApp Anda terlihat lebih profesional. Hal ini dikarenakan Anda harus bisa mendapatkan verifikasi langsung dari pihak Whatsapp. Sehingga, toko Anda tidak akan dianggap abal-abal atau penipu.
  • Label, fitur yang satu ini bisa memungkinkan Anda untuk memberikan label di pesan pembeli. Jadi, Anda bisa mengetahui status orang tersebut, seperti ia sudah pernah melakukan pembelian atau belum.
  • Statistik, fitur ini akan membantu Anda untuk menyajikan statistik dari broadcast pesan, seperti statistik pesan terkirim, pesan diterima, dan pesan dibaca.

 

4. Twitter

Anda juga bisa memasarkan produk melalui media sosial Twitter. Hal ini dikarenakan pengguna Twitter di Indonesia juga sangatlah banyak. Bahkan jumlahnya bisa sebanyak 56% dari banyaknya pengguna internet di Indonesia.

Jika menggunakan media sosial ini, maka Anda bisa melakukannya melalui fitur thread. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Twitter Ads yang sudah disediakan Twitter untuk pelaku bisnis.

 

Sama seperti Facebook dan Instagram, fitur yang satu ini juga berguna untuk menyebarkan konten atau halaman produk Anda ke lebih banyak pengguna dibandingkan tidak menggunakan fitur Ads.

 

Selain itu, di Twitter ini Anda bisa memperoleh exposure yang lebih tinggi. Tweet, postingan, atau thread Anda bisa muncul di timeline yang sudah menyukai, mengomentari, dan me retweet postingan tersebut.

 

Hasilnya, para pengguna pun bisa sering melihat postingan mengenai produk atau promosi Anda. Selain itu, dikarenakan Twitter identik dengan guyonan, Anda pun juga bisa mengajak pengikut untuk seru-seruan, seperti tebak-tebakan, dan lain sebagainya.

 

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa media sosial untuk reseller yang sudah dijelaskan di atas tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi atau berbagi informasi, tetapi juga bisa digunakan untuk berjualan dan menghasilkan cuan. Jadi, Anda mau pilih media sosial yang mana nih?

 

Oh ya, cobalah bergabung dan mendaftarkan diri sebagai reseller produk kecantikan di PT Cressindo Kusuma ya. Dijamin deh Anda akan mendapatkan banyak keuntungan!