Cara Melakukan Pengecekan Izin BPOM Pada Kosmetik

Cara Melakukan Pengecekan Izin BPOM Pada Kosmetik

Kini perempuan semakin peduli dengan kesehatan dan kecantikan kulit wajahnya. Mereka cenderung suka menggunakan beragam produk skincare untuk merawat kulit wajah. Ketika mengikuti beragam kegiatan, perempuan juga menggunakan beragam kosmetik untuk membuat wajahnya terlihat lebih segar dan cantik.

 

Meningkatnya permintaan terhadap beragam produk kecantikan termasuk kosmetik membuat industri kosmetik cenderung meningkatkan produksinya. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri kosmetik juga berlomba-lomba melakukan inovasi untuk menciptakan produk baru.

 

Sayangnya tingginya permintaan terhadap produk kosmetik juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Mereka membuat produk kosmetik palsu mengunakan bahan-bahan kimia berbahaya untuk mendapatkan keuntungan besar dari hasil penjualannya. Tentu saja tindakan tersebut sangat merugikan banyak orang. Padahal untuk menjual produk-produk kosmetik diperlukan izin edar resmi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

 

Sebagai konsumen atau pembeli produk kosmetik, Anda harus berhati-hati ketika membelinya. Jangan sampai Anda tertipu dan malah membeli kosmetik palsu yang bisa merusak kulit wajah Anda. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keaslian dari produk kosmetik yang Anda beli. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap izin BPOM yang tertera di produk tersebut.

 

Seberapa pentingkah mengecek izin edar BPOM produk-produk kosmetik? Bagaimana cara melakukan pengecekan izin BPOM kosmetik? Apa yang harus dilakukan jika menemukan produk kosmetik yang tidak memiliki izin edar BPOM? Temukan jawaban dan penjelasan lengkapnya di artikel yang satu ini!

 

Pentingnya Mengecek Izin BPOM Kosmetik

 

Selain obat-obatan dan makanan, kosmetik juga harus memiliki izin resmi dari BPOM sebelum bisa dipasarkan. Hal ini tentunya untuk menjamin bahwa produk kosmetik tersebut telah teruji dan memiliki kandungan yang aman digunakan. Produk yang memiliki lisensi dari BPOM tentunya juga akan membuat konsumen semakin yakin dan merasa aman menggunakannya.

 

Nah, sebagai konsumen Anda harus teliti dan melakukan pengecekan terhadap produk kosmetik yang Anda beli. Tindakan ini tentunya demi menjamin kesehatan diri Anda sendiri. Jangan sampai Anda malah dirugikan karena kurang teliti ketika membeli dan menggunakan produk kosmetik yang Anda beli sendiri.

 

Pihak BPOM sendiri juga telah mendorong semua orang untuk semakin sadar mengecek izin BPOM yang ada di kemasan suatu produk. Hal ini bahkan tertuang dalam visi BPOM agar obat, makanan, dan kosmetik yang diterima dan digunakan/ dikonsumsi oleh konsumen sudah dipastikan aman sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

 

Bagaimana Cara Cek BPOM Kosmetik?

 

Cara melakukan pengecekan izin BPOM di produk kosmetik ada tiga cara. Anda bisa mengeceknya secara manual, online, dan melalui aplikasi resmi BPOM. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

 

Cara Cek Izin BPOM secara Manual

 

Pengecekan ini dilakukan secara umum dengan memperhatikan ciri-ciri produk yang aman digunakan. Pertama cek dulu kemasan produk kosmetik yang Anda beli. Pastikan kemasannya dalam kondisi baik, tidak berlubang/ sobek/ berkarat/ lembab.

 

Kemudian periksa juga label pada kemasan produk. Pastikan bahwa produk kosmetik tersebut memiliki informasi yang lengkap. Informasi tersebut seperti nama, merek, produsen, alamat distributor/ importer, dan lain sebagainya. Pastikan juga terdapat izin edar berupa nomor registrasi yang tertera jelas di kemasan.

 

Selain itu, Anda juga harus memeriksa tanggal kadaluwarsa produk sebelum membelinya ya.

 

Cara Cek BPOM di Website Resmi BPOM

 

Cara melakukan pengecekan izin edar resmi dari BPOM secara online bisa dilakukan melalui website resmi BPOM. Apa website resmi BPOM?

1. Buka website resmi BPOM di SITUS CEK BOM 

2. Pilih pencarian produk berdasarkan kategori “Nomor Registrasi”.

3. Masukkan nomor registrasi BPOM yang tertera di kemasan produk kosmetik. Nomor registrasi tersebut biasanya terdiri dari 13 hingga 15 digit angka.

4. Kemudian klik “Cari”.

5. Tunggulah beberapa saat.

6. Setelah itu akan muncul data yang legkap mengenai produk kosmetik yang Anda cek. Informasi yang ada berupa merek, kemasan, masa berlaku, produsen, tanggal penerbitan nomor registrasi dan pendaftaran BPOM.

7. Apabila ternyata data yang muncul tidak sesuai dengan produk yang Anda beli atau menunjukan detail produk lainnya, maka produk tersebut memalsukan nomor BPOM. Selain itu, jika terdapat keterangan “Data Tidak Ditemukan”, maka produk kosmetik tersebut sebenanya belum terdaftar di BPOM.

 

Cara Cek Izin BPOM di Aplikasi Resmi BPOM

 

Selain mengecek di website resmi BPOM, Anda juga bisa mengeceknya menggunakan aplikasi resmi dari BPOM. Sebelumnya, tentunya Anda harus mengunduh aplikasi BPOM di smartphone. Setelah itu Anda bisa melakukan pengecekan izin BPOM kosmetik berdasarkan tiga kategori, yaitu:

– Nomor registrasi produk

– Nama produk atau nama dagang

– Nama produsen atau nama importer

 

Setelah memilih salah satu kategorinya, Anda hanya perlu memasukan data yang ada pada kemasan produk kosmetik, kemudian klik enter atau cari.

 

Jika produk tersebut terdaftar dan memiliki izin edar BPOM, maka Anda dapat melihat informasi detailnya di hasil pencarian menggunakan aplikasi tersebut. Namun, jika hasilya tidak muncul atau terdapat keterangan “Data Tidak Ditemukan”, maka produk kosmetik yang kamu cek belum terdaftar di BPOM.

 

Cara Melaporkan Pengadan ke BPOM

 

Nah, jika Anda menemukan produk kosmetik yang ternyata tidak terdaftar, maka Anda harus melaporkannya ke BPOM. Laporan Anda sangat bermanfaat untuk BPOM sehingga pihak BPOM bisa melakukan sidak dan menarik peredaran produk kosmetik tersebut di pasaran. Tindakan ini tentunya kan mengurangi beredarnya produk-produk kosmetik palsu di pasar.

 

Bagaimana cara membuat laporan pengaduan ke BPOM?

 

Ada bisa mengunjungi website resmi BPOM. Setelah itu pilihlah menu “Pengaduan”. Kemudian Anda harus memilih layanan “Formulir Pengaduan”. Anda harus mengisi data-data yang diperlukan dalam formulir tersebut. Setelah diisi lengkap klik enter atau kirim.

 

Produk kosmetik palsu memang marak beredar di pasar. Anda harus lebih berhati-hati lagi ketika membelinya. Pastikan Anda melakukan pengecekan izin edar BPOM terhadap produk kosmetik yang Anda beli. Sebaiknya Anda membeli kosmetik di tempat-tempat terpecaya, seperti toko kosmetik resmi, online shop terpecaya, dan reseller resmi suatu produk kecantikan.

 

Oh ya, lebih aman lagi jika Anda membeli kosmetik dari suppliernya langsung. Bagaimana caranya? Anda bisa menjadi reseller produk kecantikan. Selain bisa menggunakan produk kecantikan untuk diri sendiri, Anda juga bisa menjualnya dan mendapat keuntungan. Ya, menjadi reseller produk kecantikan merupakan salah satu usaha yang memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Nah, Anda bisa memulai bergabung menjadi reseller produk kecantikan di PT Cressindo Kusuma ya.