Kemampuan yang Harus Dikuasai untuk Menjadi Reseller Sukses

Kemampuan jadi reseller sukses

Berbagai usaha dan pekerjaan bisa dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu pekerjaan yang paling diminati saat ini adalah menjadi seorang reseller. Pekerjaan ini bisa dilakukan sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan.

 

Apa dan bagaimana tugas reseller? Menurut banyak orang, tugas seorang reseller hanya ditutut bisa mempromosikan barang jualannya di berbagai medsos, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya. Namun, kenyataannya, seorang reseller bukan hanya harus bisa mempromosikan barang yang dijualnya. Ada banyak kemampuan yang bisa dipelajari dan dikembangkan lho. Tentunya kemampuan ini sangat bermanfaat bagi seorang reseller yang bukan hanya ingin menjadi reseller biasa-biasa saja, tetapi ingin menjadi reseller sukses.

 

Nah, kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang reseller sukses? Simak informasi lengkapnya dengan membaca artikel di bawah ini ya! Selamat membaca!

 

1.   Komunikasi

Kemampuan yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang reseller adalah kemampuan komunikasi dalam menawarkan produk yang dijualnya. Kemampuan ini sangat penting agar penjualan Anda terus meningkat.

 

Cara sederhana melatih kemampuan ini adalah bersikap ramah dan sopan kepada semua calon pembeli. Pastikan juga Anda menjawab semua pertanyaan pembeli dengan jelas dan terperinci. Selain itu, sebaiknya Anda juga fast respon membalas pesan dari calon pembeli. Anda juga bisa menanyakan produk apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli, kemudian Anda bisa merekomendasikan jenis produk yang Anda jual. Cara ini sangat efektif untuk membantu calon pembeli yang tadinya ragu-ragu atau kebingungan.

 

Kemampuan komunikasi juga penting dimiliki reseller sukses untuk melakukan closing. Closing sales ini merupakan tahapan untuk memastikan calon pembeli akan melakukan pembelian atau tidak. Anda harus memiliki kemampuan komunikasi persuasive dan mampu menyakinkan calon pembeli.

 

2.   Kreativitas dan Inovasi

Seorang reseller biasanya dibekali dengan berbagai marketing kit yang diberikan oleh perusahaan atau supplier tempat ia berkerjasama. Marketing kit yang disediakan berupa foto, video, poster promosi, dan lain sebagainya.

 

Selain memanfaatkan marketing kit yang sudah disediakan, Anda juga bisa melakukan inovasi sendiri lho. Berpikirlah kreatif lalu buatlah berbagai bentuk promosi lainnya. Anda bisa membuat beragam video unik untuk menarik perhatian banyak orang.

 

Nah, Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk editing video, editing foto, dan membuat poster promosi. Contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah Canva, KineMaster, Geulgram, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan fitur yang ada di media sosial untuk membuat poster atau video singkat.

 

Selain berpikir kreatif dan inovatif dalam membuat foto, video, dan poster, Anda juga harus berpikir kreatif untuk membuat caption dalam promosi Anda. Rangkailah kata-kata yang efektif dan kreatif untuk memperkenalkan produk yang Anda jual dan menarik perhatian banyak orang agar membelinya. Cobalah untuk belajar ilmu copywriting ya!

 

3.   Memiliki dan Menguasai Media Sosial serta Marketplace

Media paling ampuh yang bisa digunakan untuk berjualan adalah media sosial dan marketplace. Anda harus memiliki berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuka toko online di marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

 

Selain memiliki berbagai media sosial dan marketplace, Anda juga harus bisa menguasainya. Artinya, Anda harus bisa memaksimalkan semua fitur yang ada di media sosial dan marketplace tersebut. Tenang, Anda bisa mempelajarinya dengan menonton video-video tutorial di Youtube atau dengan membaca informasi lengkapnya di berbagai website.

 

4.   Manajemen Waktu

Cara menjadi reseller sukses selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk manajemen atau mengelola waktu yang ada. Kemampuan ini sangat penting dimiiliki oleh Anda , terutama jika Anda menjadikan reseller sebagai pekerjaan sampingan Anda. Anda harus bisa membagi waktu kapan saatnya Anda mengerjakan pekerjaan utam dan kapan saatnya untuk mengerjakan pekerjaan Anda sebagai reseller.

Baca Juga: Kunci Sukses Jadi Reseller Kosmetik

Seorang reseller juga harus bisa melihat peluang waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Ya, hal ini tentunya agar promosi yang Anda lakukan di media sosial manapun banyak dilihat oleh orang-orang. Di pagi hari Anda bisa posting promosi dari jam 7 hingga 9 pagi. Di siang hari, Anda bisa melakukan promosi di jam 12 siang ketika orang-orang biasanya beristirahat. Sedangkan di sore hari, Anda bisa melakukan promosi di jam 5 sore. Malam hari juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Anda bisa posting promosi di jam 8 sampai 9 malam.

 

Menjadi reseller sukses memang membutuhkan kemauan dan usaha. Ketika Anda benar-benar belajar dan berusaha menguasi kemampuan-kemampuan di atas, Anda pasti bisa menjadi seorang reseller yang sukses. Belajarlah dari banyak sumber informasi yang tersedia, seperti buku, e-book, media sosial, internet, dan lain sebagainya.

 

Oh ya, ketika di awal usaha Anda menjadi reseller, sebaiknya Anda memilih produk yang memang banyak diminati dan laku di pasaran, seperti kosmetik. Anda tidak perlu bingung dan merasa khawatir memikirkan produk kosmetik seperti apa yang paling diminati oleh konsumen. Bergabung saja menjadi reseller produk kecantikan di PT Cressindo Kusuma. Anda akan mendapatkan harga lebih murah dan keuntungan lainnya. Seluruh produk kosmetik dijual sudah memiliki izin edar BPOM dan tentunya aman untuk digunakan.

 

Yuk, langsung saja bergabung menjadi reseller dengan mendaftarkan diri Anda di Reseller Produk Kecantikan. Semangat menjadi reseller sukses!