Panduan Memulai Bisnis Reseller Kosmetik

Panduan Memulai Bisnis Reseller Kosmetik

Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu reseller dan cara kerjanya. Arti dari reseller adalah menjual kembali. Artinya sistem kerja seseorang adalah membeli suatu produk dengan harga khusus, kemudian menjualnya kembali dengan harga plus keuntungan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi reseller kosmetik hanya bisa mendapatkan keuntungan yang kecil, padahal seseorang bisa mendapatkan banyak keuntungan jika dilakukan dengan baik, tekun, dan benar.

Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menjadi reseller khusus untuk Anda. Berikut panduannya.

Bagaimana Panduan Memulai Bisnis Reseller Kosmetik?

 

1. Ketahui apa yang menjadi favorit anda

Panduan pertama untuk menjadi reseller adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang Anda sukai dan minati. Mengapa demikian?

Hal ini karena ketika kita tertarik pada sesuatu akan jauh lebih menyenangkan jika dapat digunakan sebagai bahan untuk menghasilkan uang. apa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang berhubungan dengan hobi atau hal yang kita sukai?

Oleh karena itu, sebelum mulai menjual Anda perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang Anda sukai. Misalnya, Anda suka berbicara atau memakai make-up, perawatan kulit, atau produk kecantikan lainnya.

Bisa dijadikan sebagai ide bisnis yaitu dengan menjadi reseller produk kecantikan. Contoh lain, jika Anda menyukai hal-hal K-pop, maka Anda dapat menjadi reseller produk K-pop seperti album atau cetakan K-pop. Jika bisa menghasilkan uang, kenapa tidak?

 

2. Lihat Peluang dan Pesaing

Selanjutnya, Anda juga perlu melihat peluang pasar dan pesaing yang sama-sama menjual produk tersebut. Jika ada banyak pesaing besar dan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan sedikit, maka ada beberapa opsi untuk dipilih.

Opsi pertama, Anda beralih ke barang lain dan opsi kedua, Anda tetap bisa menjual produk dengan cara yang berbeda atau lebih unik dari pesaing.

Cara yang dimaksud berbeda, seperti mengolah produk agar lebih unik atau membuat kemasan yang berbeda dari yang lain. Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap orang telah diberi bagian rezekinya masing-masing.

Jadi, cara menjadi reseller yang sukses adalah dengan terus berusaha dan pantang menyerah!

 

3. Pencarian Pemasok

Setelah Anda selesai menentukan produk dan menghitung peluang, cara selanjutnya adalah mencari pemasok yang cocok. Mencari supplier sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu mempertimbangkannya dengan cermat.

Anda bisa mencari supplier secara online karena sudah banyak penjual besar yang masuk ke dunia online dan itu pasti akan memudahkan baik penjual maupun pembeli.

Cara pertama untuk menemukan pemasok adalah dengan menemukan penjual yang benar-benar tepercaya dan merespon dengan cepat. Jika Anda hanya memilih pemasok dan tidak memastikan apakah dia dipercaya atau tidak, itu akan sangat merugikan.

Cara kedua, adalah dengan memilih supplier yang menjual produk original dan berkualitas serta memberikan harga spesial untuk Anda sang penjual. Ini akan membantu Anda mendapatkan pelanggan tetap dan keuntungan yang cukup besar dari penjualan.

 

4. Pilih Tempat untuk Menjual

Cara menjadi reseller selanjutnya adalah dengan memilih tempat berjualan. Anda dapat memilih tempat atau platform jika Anda telah menguasainya secara online atau offline.

Anda bisa membuka toko online di platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau WhatApp. Selain itu, Anda juga bisa membuat toko di marketplace khusus, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lain sebagainya.

Mengingat di Indonesia sudah banyak sekali akses bagi anda yang ingin berjualan online. Jika Anda sedang offline, Anda bisa membuka toko konvensional di tempat yang berpotensi menarik pembeli, seperti di pasar, mall, dan lain sebagainya.

 

5. Lakukan Promosi

Agar produk Anda dikenal banyak orang dan membuat mereka memutuskan untuk melamar, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu promosi.

Promosi ini memiliki banyak jenis, seperti promosi melalui story, pesan broadcast, pesan grup, penggunaan jasa endorsement, penggunaan jasa promo berbayar, dan lain sebagainya. Anda tinggal memilih kira-kira metode promosi mana yang sesuai dengan produk dan anggaran yang ada.

Itulah panduan untuk memulai bisnis reseller kosmetik yang dapat kami untuk anda.